Pembuktian Asas Kesalahan dalam Putusan Bebas Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur (Studi Putsuan Pengadilan Negeri Kota Bumi Lampung Utara Nomor 51/Pid.Sus/2016/PN.Kbu.)

Sena, Bima (2020) Pembuktian Asas Kesalahan dalam Putusan Bebas Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur (Studi Putsuan Pengadilan Negeri Kota Bumi Lampung Utara Nomor 51/Pid.Sus/2016/PN.Kbu.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKIRPSI .pdf

Download (188kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK .docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Proses Pembuktian di dalam persidangan merupakan serangkaian proses yang harus dilakukan di dalam persidangan, proses ini di lakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kepastian hukum dan keadilan bagi semua masyarakat Indonesia oleh karenanya di dalam proses pembuktian penegak hukum harus sangat memperhatian tahap-tahap. Pencabulan merupakan salah satu bentuk perbuatan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat sosial, pencabulan terhadap anak khususnya merupakan tindakan yang bertentangan dengan norma-norma yang berkembang di dalam masyarakat. Proses perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban tindak pidana pencabulan anak di bawah umur ini terdapat di dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Namun di dalam proses persidangan terdapat beberapa kendala atau hambatan dalam mencapai keadilan, salah satunya yang terjadi pada Putusan Pengadilan Negeri Kota Bumi Lampung Utara Nomor 51/Pid.Sus/2016/PN.Kbu, berdasarkan fakta-fakta yang terdapat di dalam proses persidangan terdakwa tidak memenuhi unsur kesalahan yang terdapat di dalam pasal yang di dakwakan oleh Penuntut Umum, sehingga Majelis Hakim menjatuhkan putusan bebas terhadap terdakwa. Hal ini membuktikan di dalam proses persidangan tersebut belum mencapai adanya rasa keadilan dan kepastian hukm yang di terima oleh salah satu pihak yang sedang menjalankan upaya hukum. Sehingga timbul permasalahan bagaiamana pembuktian asas kesalahan terhadap putusan bebas, Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian hukum normatif untuk keperluan akademis dengan di dukung hasil wawancara dari beberapa narasumber. Dari hasil penelitian dan pembahasan di dalam proses persidangan masih sering kali terdapat kendala tidak tercapainya keadilan bagi seluruh pihak, oleh karennya penulis menyarankan bagi Hakim menangani tindak pidana pencabulan di masa yang akan datanag untuk lebih cermat dan teliti sesuai dengan hukum yang ada dalam menjatuhkan putusan pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hj. Mulati, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pembuktian Asas Kesalahan, Anak, Pencabulan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 01:43
Last Modified: 23 Apr 2021 01:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item