Problematika Pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Pada Apartemen Robinson Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentaung Rumah Susun (Studi Kaus Putusan Pengadilan Negeri Nomor 553/PDT.G/2016/PN.JKT.UTR.)

Gunawan, Christina Herawati (2020) Problematika Pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Pada Apartemen Robinson Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentaung Rumah Susun (Studi Kaus Putusan Pengadilan Negeri Nomor 553/PDT.G/2016/PN.JKT.UTR.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER Skripsi_Christina.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi_Christina.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Skripsi_Christina.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Isi_Christina.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi_Christina.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Christina.pdf

Download (89kB)

Abstract

Pembahasan pada penelitian ini menitik beratkan pada Pengelolaan dalam Rumah Susun dengan latar belakang pemikiran, pembangunan rumah susun yang diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah bagi pemerintah di bidang perumahan dan permukiman. Agar tujuan dari pembangunan rumah susun tersebut dapat terlaksana tentu saja diperlukan pengelolaan untuk menjaga keharmonisan dalam lingkungan rumah susun, terutama dalam hal pengawasan terhadap pemilik dan penghuninya. Pengelolaan tersebut dilakukan oleh Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) sebagai badan hukum yang harus disahkan oleh Pemerintah. Adapun pokok permasalahan dari penelitian ini yaitu problematika pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun pada Apartemen Robinson yang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun (Putusan Pengadilan Negeri 553/PDT.G/2016/ PN.JKT.UTR.) dan mengenai penerapan fungsi PPPSRS pada Apartemen Robinson. Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pada Apartemen Robinson belum dapat berjalan dengan baik dikarenakan belum sahnya pembentukan PPPSRS yang telah dibentuk sejak tahun 2013 karena para penghuni belum berstatus sebagai pemilik yang sah. Dengan demikian penerapan fungsi PPPSRS pada Apartemen Roninson juga belum dapat berjelan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan pengawasan dan sosialisasi secara berkala oleh Pemerintah dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dalam hal pengelolaan pada rumah susun agar tujuan dari penyelenggaraan rumah susun dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hasni, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Rumah Susun, PPPSRS, Tanggung Jawab Developer
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:25
Last Modified: 23 Apr 2021 03:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18523

Actions (login required)

View Item View Item