Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Akibat Tersegelnya Pulau Reklamasi Di Pantai Utara Jakarta Oleh Gubernur DKI Jakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Sugiharta, Nicolaas (2019) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Akibat Tersegelnya Pulau Reklamasi Di Pantai Utara Jakarta Oleh Gubernur DKI Jakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Persetujuan.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pengadaan reklamasi diadakan sebagai upaya untuk memanfaatkan suatu lahan yang sebelumnya tidak memiliki manfaat menjadi lahan yang memiliki manfaat. Pengadaan reklamasi menjadi salah satu jawaban untuk menyelesaikan permasalahan lahan yang dibutuhkan oleh masyarakat berkaitan dengan pertumbuhan penduduk. Hal ini diterima baik oleh para pengembang untuk membangun bangunan di lahan reklamasi itu. Pengadaan reklamasi ini dilakukan di Pantai Utara Jakarta, rencananya akan dibangun 17 pulau dengan pengembang yang berbeda-beda. Rencana pembangunan diketahui oleh masyarakat yang kemudian menjadi konsumen. Konsumen tertarik dengan bangunan yang akan dibangun oleh para pengembang, kemudian membeli dengan cara menyicil maupun secara tunai. Namun dalam prosesnya tidak berjalan sebagaimana mestinya, pengadaan reklamasi ini mengalami kendala yaitu dengan tersegelnya Pulau D oleh Gubernur DKI Jakarta. Tersegelnya bangunan itu membuat bangunan yang telah dibangun dan dibeli oleh konsumen tidak dapat dimiliki, serta tidak sesuai dengan apa yang diperjanjikan. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif, dengan menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan bahan non hukum serta pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Berdasarkan Teori Perlindungan Hukum menurut Philipus M. Hadjon perlindungan yang dapat diberikan kepada konsumen dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara preventif dan represif. Sedangkan, upaya penyelesaian sengeketa dapat ditempuh dengan cara hukum dan non hokum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ermanto Fahamsyah, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Pengadaan Reklamasi, Tersegelnya Pulau
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:35
Last Modified: 04 May 2021 04:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18525

Actions (login required)

View Item View Item