Hubungan Psychological Hardness Dengan Kualitas Hidup Atlet Yang Cedera

Sutedja, Vania Edina (2019) Hubungan Psychological Hardness Dengan Kualitas Hidup Atlet Yang Cedera. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1.Pembuka (Edina).pdf

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi atlet dalam olahraga prestasi kian meningkat setiap tahunnya, sehingga kemungkinan untuk cedera pun semakin meningkat. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa atlet yang cedera memiliki kualitas hidup yang cenderung rendah. Psychological hardiness sebagai salah satu trait yang dapat mendukung atlet dalam menghadapi situasi stress pun memiliki hubungan yang positif dengan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut pengaruh dari psychological hardiness dengan kualitas hidup atlet. Penelitian ini melibatkan 115 atlet olahraga prestasi yang sedang mengalami cedera minimal tingkat dua, serta dari rentang umur 18 – 35 tahun. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yang diperoleh dari klinik fisioterapi dan penyebaran kuesioner secara online. Alat ukur yang digunakan yaitu WHOQOLBREF (WHO, 2004) untuk mengukur kualitas hidup dan DRS-45 (Bartone, 1989) untuk mengukur psychological hardiness, yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan psychological hardiness dengan kualitas hidup. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan dari psychological hardiness dengan kualitas hidup atlet yang cedera, dengan r = 0.333 dan p = 0.000 > 0.01. Penelitian ini diharapkan dapat menyumbang kontribusi secara teoretis dan praktis terhadap psikologi olahraga di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bonar Hutapea, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kualitas hidup, psychological hardiness, atlet, cedera
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:38
Last Modified: 23 Apr 2021 04:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item