Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Remaja Yang mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) Di Jakarta Selatan

Ainunnisa, Rizka (2019) Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Remaja Yang mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) Di Jakarta Selatan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
file Pembuka (Rizka).pdf

Download (3MB)

Abstract

Siswa sekolah menengah berada pada tahap remaja. Remaja merupakan periode perkembangan manusia yang ditandai dengan perkembangan kepribadian, pertumbuhan fisik, serta adaptasi antara peran dan fungsi dalam kebudayaan. Masa remaja juga merupakan periode ketika perilaku prososial sedang berkembang. Perilaku prososial itu bersifat sukarela tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku prososial adalah suasana hati. Regulasi emosi dapat memperkuat, memengaruhi, atau memelihara emosi, tergantung pada tujuan individu. Perilaku prososial pada remaja dapat dilatih dengan cara mengikuti ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR). Ekstrakurikuler PMR merupakan organisasi binaan dari PMI (Palang Merah Indonesia) yang bertujuan untuk membentuk remaja menjadi relawan di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada remaja yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR. Partisipan penelitian ini adalah remaja dengan usia 13 tahun hingga 17 tahun dan mengikuti ekstrakulikuler Palang Merah Remaja, di sekolahsekolah yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini sebanyak 200 siswa. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan skala regulasi emosi (Gross & Thompson, 2007) dan skala perilaku prososial (Eisenberg & Mussen, 1989). Hasil uji korelasi spearman menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi r= 0.457, p = 0.000 < 0.01. Artinya semakin tinggi regulasi emosi maka semakin tinggi perilaku prososial pada remaja yang mengikuti ekstrakurikuler Palang Merah Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agoes Dariyo, M.Si. Psi. Dr. Heryanti Satyadi, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, perilaku prososial, remaja, Palang Merah Remaja.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Apr 2021 05:50
Last Modified: 23 Apr 2021 05:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18580

Actions (login required)

View Item View Item