Gambaran School Well-Being Pada Siswa Yang Tinggal Di Asrama Sekolah

Via, Cornelia Yolanda Wiranata (2019) Gambaran School Well-Being Pada Siswa Yang Tinggal Di Asrama Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1.Pembuka (Cornelia).pdf

Download (667kB)

Abstract

Remaja berada pada tahap perkembangan pencarian identitas diri, sehingga beberapa remaja akan mengalami permasalahan dalam pergaulannya yang menimbulkan keresahan pada orang tua. Sekolah asrama hadir untuk menanggapi persoalan tersebut, namun yang terjadi orang tua mengidamkan anaknya untuk menempuh pendidikan di sekolah asrama tanpa melihat kesiapan dan mental anak. Hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan untuk beradaptasi, sulit berkembang, kesepian, bosan dan depresi pada siswa asrama yang berpengaruh pada school well-being yaitu penilaian siswa yang berkaitan dengan lingkungan sekolahnya. School well-being merupakan penilaian subjektif pada siswa terkait dengan lingkungan sekolahnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan school well-being siswa yang tinggal di sekolah asrama. Desain penelitian ini menggunakan penelitian campuran (mix method) dengan jenis explanatory sequential yaitu menerapkan kombinasi dua pendekatan sekaligus, diawali dengan penggunaan metode kuantitatif dilanjutkan dengan metode kualitatif. Penelitian ini menyertakan 50 siswa SMA asrama X di Tanggerang Selatan (30% perempuan; 70% laki-laki) yang tinggal di asrama sekolahnya, berusia 15-17 tahun (M: 15,56; SD: 0,54). Data kualitatif diperoleh melalui wawancara pada keempat siswa terpilih, dua siswa dengan school well-being tinggi dan dua dengan school well-being rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelas siswa memiliki school well-being tinggi, dua puluh enam siswa memiliki skor sedang dan tiga belas siswa memiliki school well-being rendah. Data kuantitatif pada penelitian ini menunjukan bahwa dimensi being memiliki skor yang paling tinggi, sedangkan dimensi having memiliki skor yang paling rendah. Hasil kualitatif menggambarkan bahwa terdapat persamaan persepsi pada kedua siswa yang memiliki skor school well-being tinggi, dan persamaan persepsi pada kedua siswa yang memiliki skor school well-being rendah, serta perbedaan antara siswa yang memiliki skor school well-being tinggi dengan siswa dengan skor school well-being rendah pada beberapa indikator (fasilitas, mata pelajaran, peraturan, relasi antara guru dengan murid, dinamika kelompok dan kepercayaan diri). Temuan dari penelitian ini adalah hasil data kualitatif bahwa terdapat kelompok-kelompok tertentu dan juga terdapat peraturan yang memisahkan kelas belajar siswa laki-laki dengan perempuan yang menyebabkan ketidaknyamanan pada beberapa siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fransisca Iriani, R.D., M.Si.
Uncontrolled Keywords: School Well-Being, Sekolah Asrama, Siswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:12
Last Modified: 23 Apr 2021 06:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item