STRATEGI PEMBELAJARAN,TIPE KEPRIBADTAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mularsih, Heni (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN,TIPE KEPRIBADTAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. MAKARA, SOSIAL HUMANIORA,, 14 (1). pp. 65-74.

[img]
Preview
Text
9_Heni_2010_makara1_Strategi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (kooperatif dan individual) dan tipe kepribadian (ekstrover dan introver) terhadap hasil belajar Bahasa lndonesia. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan desain faktorial 2 x 2 dengan sampel 48 siswa Sekolah Menengah Perlama (SMP) di kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang mengikuti pernbelajaran individual, (2) tidak ada perbedaan yang signifftan antara hasil belajar siswa yang berkepribadian ekstrover dan introver, (3) terdapat interaksi yang positif antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa pada hasil belajar bahasa Indonesia, (4) hasil belajar siswa yang ekstrover, yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada mengikuti strategi pembelajaran individual, (5) hasil belajar siswa yang introver, yang mengikuti strategi pernbelajaran individual lebih tinggi daripada mengikuti strategi pembelajaran kooperatif. Simpulannya, strategi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan mempertimbangkan tipe kepribadian siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instructional strategy, learning outcome, personality types
Subjects: Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@untar.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2018 08:27
Last Modified: 25 Jun 2018 08:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item