Asas Kemanfaatan dalam Tarif Promosi yang Dipergunakan oleh Grab Indonesia Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi

Doli, Hasian (2020) Asas Kemanfaatan dalam Tarif Promosi yang Dipergunakan oleh Grab Indonesia Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
lembar persetujuan skripsi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) selaras terwujudnya inovasi dalam bidang transportasi, khususnya penyediaan jasa transportasi online. Melalui perkembangan dan inovasi tersebut, melahirkan transportasi online untuk menjawab kebutuhan masyarakat pada saat ini. Namun, seiring berkembangnya waktu, kehadiran transportasi online dinilai sudah mendapat perhatian khusus di masyarakat, terutama pada tarif promosi yang ditawarkan. Hal ini yang membuat pemerintah sebagai pemangku regulasi, mengeluarkan peraturan yang mengatur tarif batas atas dan tarif batas bawah pada transportasi online. Ketentuan tersebut tertuang melalui Keputusan Menteri Perhubungan No 348 Tahun 2019 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi. Tarif Promosi yang diberikan oleh Grab dinilai sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi online dinilai telah melanggar ketentuan tersebut. Penulis melakukan penelitian pada permasalahan ini dengan metode normatif dan didukung dengan data hasil wawancara. Penulis menilai tarif promosi yang diberikan Grab melanggar ketentuan Keputusan Menteri Perhubungan No 348 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi, dan bertentangan dengan asas kemanfaatan yang juga tertuang dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Saran yang dapat disampaikan penulis adalah Kementerian Perhubungan harus tetap memberikan pengawasan dan penindakan terhadap Grab dan perusahaan penyedia jasa transportasi online lainnya agar terciptanya iklim dunia transportasi online yang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dra. Hj. Siti Nurbaiti, SH, MH
Uncontrolled Keywords: Asas Kemanfaatan, Tarif Promosi, Transportasi Online, Tarif Batas Atas dan Batas Bawah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 09:07
Last Modified: 23 Apr 2021 09:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item