Dharmawan, Agus Budi and Lubis, Chairisni (2014) Pengenalan Suara Sebagai Kontrol Pada Program Aplikasi Game. Karya Ilmiah Dosen (1A). pp. 158-163. ISSN 978-979-1194-11-2
Full text not available from this repository.Abstract
Program Aplikasi Game (permainan) merupakan salah satu bidang aplikasi komputer yang banyak berkembang pada saat ini. Permainan ini biasanya keyboard, mouse, atau gamepad sebagai input untuk memainkannya. Pada penelitian ini, akan dicoba untuk memainkan game dengan menggunakan input suara yang dimasukkan melalui mikrofon. Proses pengenalan suara dilakukan dengan menggunakan metode Back PropagationNeural Network (BPNN). Sebagai input untuk BPNN akan digunakan ciri pada suara manusia yang akan diekstraksi dengan menggunakan metode Mel Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC). Tingkat keberhasilan aplikasi pengenalan suara (kata) pada program aplikasi game sangat dipengaruhi oleh hasil pengenalan sebelumnya dengan menggunakan Back Propagation Neural Network (BPNN). Pada penelitian ini tingkat keberhasilan pengenalan mencapai 95 %.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Penelitian > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Puskom untar untar |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 01:37 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 01:37 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/192 |
Actions (login required)
View Item |