Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Remaja Madya

Yulianty, Rizki (2019) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Remaja Madya. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE 1 PEMBUKA (Rizki).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat membuat prestasi belajar siswa SMA meningkat dan dapat mempertahankan prestasi belajar yang baik. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk merasakan emosi, dan membangkitkan emosi sehingga dapat membantu pikiran memahami emosi dan arti dari emosional. Motivasi belajar adalah suatu proses internal yang ada dalam diri seseorang yang memberikan semangat atau dorongan dalam belajar, mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar, terdapat pemahaman dan pengembangan belajar. Prestasi belajar adalah kemampuan siswa yang berupa penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dicapai dalam belajar setelah siswa melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan memberi nilai. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar dan juga untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah 477 siswa dari sekolah SMAN 10 Tangerang yang berusia 15-18 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk non-eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar, dan tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widi Astuti, M.Si., Psi. Dra. Ninawati, M.M.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, motivasi belajar, prestasi belajar, remaja madya.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Apr 2021 14:04
Last Modified: 23 Apr 2021 14:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item