Sistem Prediksi Customer Loyalty dengan Metode RFM dan Fuzzy C-Means

David, David (2020) Sistem Prediksi Customer Loyalty dengan Metode RFM dan Fuzzy C-Means. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
535160097_David_01 Cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
535160097_David_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (189kB)
[img] Text
535160097_David_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
535160097_David_04 Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
535160097_David_05 Kata Pengantar.pdf

Download (190kB)
[img] Text
535160097_David_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (414kB)
[img] Text
535160097_David_07 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
535160097_David_08 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
535160097_David_09 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
535160097_David_10 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
535160097_David_11 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
535160097_David_12 Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
535160097_David_13 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
535160097_David_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Toko Cianjur merupakan toko yang bergerak dalam bidang penjualan. Sistem yang masih berjalan pada toko ini menggunakan pembukuan secara manual sehingga sulit untuk mengetahui pelanggan mana yang memiliki loyalitas tinggi terhadap toko. Metode segmentasi RFM (Recency, Frequency, dan monetary) dapat melacak transaksi pelanggan terhadap waktu, frekuensi dan jumlah yang dikeluarkan saat transaksi. Sedangkan Metode Fuzzy C- Means merupakan salah satu teknik untuk menentukan cluster data yaitu posisi tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Fuzzy C- Means menggunakan model pengelompokan fuzzy dengan indeks kekaburan sehingga data dapat menjadi anggota dari semua kelas atau cluster yang terbentuk dengan derajat keanggotaan yang berada diantar 0 hingga 1. Tujuan dari perancangan aplikasi tersebut agar pemilik toko dapat mengetahui pelanggan yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap toko sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi toko untuk menentukan strategi yang tepat terhadap kelompok yang terbentuk. Pengujian terhadap modul dan kinerja program dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hasil pengujian yang didapat menyatakan bahwa hasil cluster pembentukan dua klaster dengan pembobotan 2 menunjukkan bahwa pelanggan cukup sering berbelanja terhadap toko sampai Desember 2018. Sedangkan hasil pembentukan tiga klaster dengan pembobotan 2 menunjukkan bahwa pelanggan sering melakukan transaksi serta nilai monetary yang cukup besar terhadap toko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Clustering, Customer Loyalty, Fuzzy C-Means, RFM.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 14:35
Last Modified: 24 Jun 2021 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/19620

Actions (login required)

View Item View Item