Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Indonesia

Dharmawan, Agus Budi and Lubis, Chairisni (2015) Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Indonesia. Karya Ilmiah Dosen. pp. 51-57. ISSN 1979-3960

Full text not available from this repository.

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menambahkan informasi tertentu dan seolah-olah dihadirkan ke dunia nyata secara real time. Augmented Reality (AR) memungkinkan dalam menggabungkan suatu objek tiga dimensi ke lingkungan yang nyata melalui sebuah webcam. Augmented Reality membuat informasi yang diberikan menjadi lebih mudah disampaikan dan ditangkap. Proses yang terjadi dalam Augmented Reality adalah mendeteksi marker dan kemudian menambahkan objek 3D sesuai posisi marker. Proses ini membuat objek 3D tersebut seolah-olah nyata ada di hadapan manusia. Identifikasi marker menjadi proses utama dalam Augmented Reality yaitu mencari marker dan membaca posisi dari marker, sehingga objek 3D yang ditampilkan mengikuti posisi dan skala dari marker. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media promosi baik untuk aplikasi website maupun aplikasi desktop dan digunakan untuk menampilkan bentuk 3D yang berisi informasi pariwisata di Indonesia. Untuk itu Teknologi multimedia seperti Augmented Reality diharapkan dapat digunakan untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjungi daerah pariwisata di Indonesia. Pada penelitian ini telah berhasil dibuat Program Aplikasi multimedia berbasis augmented reality. Yang dapat mendeteksi marker.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:05
Last Modified: 30 Mar 2017 03:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item