Perancangan interior pusat kebudayaan Perancis IFI (Institut Francais DIndonesie) Jl. M.H. Thamrin No. 20, Menteng, Jakarta Pusat (DI - 1752)

Janice, Janice (2017) Perancangan interior pusat kebudayaan Perancis IFI (Institut Francais DIndonesie) Jl. M.H. Thamrin No. 20, Menteng, Jakarta Pusat (DI - 1752). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
615140098_Janice_01 Cover.pdf

Download (119kB)
[img] Text
615140098_Janice_05 Abstrak.pdf

Download (102kB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, setiap negara di dunia menjalin hubungan internasional sebagai ciri kebudayaan mengenai identitas bangsa masing-masing. Sebagai negara berkembang, Indonesia banyak melakukan kerjasama dengan negara-negara lain. Indonesia telah bekerjasama dengan banyak negara di bidang yang berbeda-beda, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, teknologi, pendidikan, budaya, dan lain-lain. Salah satu negara yang bekerjasama dengan Indonesia Perancis. Dengan adanya kerjasama antar kedua negara, diperlukan adanya perwakilan di kedua negara tersebut yang bertujuan untuk mengurusi masalah kerjasama dan untuk memperkenalkan budaya negara masing-masing. Pusat kebudayaan Perancis yang berada di Indonesia berlokasi di Jl. M. H. Thamrin No. 20, Menteng, Jakarta Pusat. Pusat Kebudayaan Perancis atau biasa disebut IFI (Institut Français D’Indonésie) memiliki berbagai fasilitas yang terbuka untuk umum, yaitu perpustakaan, galeri pameran, auditorium, bioskop mini, ruang ruang kelas, dan lain-lain. Terdapat tiga metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pertama, metode pengumpulan data yang diperoleh dengan studi literatur, survey lapangan, dan wawancara. Selanjutnya, menganalisa permasalahan dari data yang sudah dikumpulkan. Terakhir, merancang pedoman desain dari hasil analisa yang telah dilakukan untuk menjadi acuan dasar perancangan interior. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang interior Pusat Kebudayaan Perancis yang dapat menampilkan citra negara dan lembaga pengelolanya, merancang program ruang dan tata letak ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dan fasilitas pengunjung, merancang pola alur sirkulasi yang memenuhi kriteria antropometri, serta merancang program aktivitas yang dilakukan pengunjung dan staff di dalam IFI (Institut Français D’Indonésie).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 15:39
Last Modified: 30 Jul 2021 11:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/19722

Actions (login required)

View Item View Item