Peran Konsep Diri Terhadap Kepuasan Hidup Pada Pemain Game Online Moba

Eviyanthi, Destiyana (2019) Peran Konsep Diri Terhadap Kepuasan Hidup Pada Pemain Game Online Moba. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1. Pembuka (destiyana).pdf

Download (970kB)

Abstract

Permainan game online berjenis MOBA adalah salah satu jenis permainan yang merupakan permainan tim. Dalam permainan game online berjenis MOBA, para pemain akan mendapatkan teman baru dan membangun hubungan karena diharuskan membuat strategi tim agar dapat menyelesaikan misi dan memenangkan permainan. Memiliki banyak teman merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan hidup seseorang. Memiliki banyak teman juga tentunya berpengaruh pada hubungan interpersonal yang dimiliki para pemain. Hubungan interpersonal ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan konsep diri. Jadi, kehadiran game online berjenis MOBA sebagai sarana hiburan yang tidak berlebihan dapat menjadi salah satu sarana pembentukan konsep diri seseorang karena permainan ini membutuhkan kerja sama dan interaksi dengan orang lain, kerja sama dan interaksi tersebut akan meningkatkan hubungan interpersonal para pemain. Selanjutnya, konsep diri tersebut akan memberikan peran terhadap kepuasan hidup individu terebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi peran konsep diri terhadap kepuasan hidup pemain game online MOBA. Sample penelitian ini berjumlah 146 subyek, menggunakan teknik convinience sampling dan diberikan instrumen alat ukur berupa kuesioner dengan skala likert untuk mengukur konsep diri dan kepuasan hidup. Analisis data penelitian ini menggunakan Linear Regression Analysis pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai R = 0,548, R² = 0,30. Hasil peneitian menyatakan bahwa terdapat peran yang signifikan pada konsep diri terhadap kepuasan hidup. Hasil penelitian menunjukkan proporsi varians dari kepuasan hidup yang dijelaskan oleh konsep diri adalah sebesar 30%, sedangkan 70% lainnya diperani oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph. D., Psi. Sandy Kartasasmita, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kepuasan Hidup, Game Online, MOBA
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 24 Apr 2021 04:07
Last Modified: 24 Apr 2021 04:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/19822

Actions (login required)

View Item View Item