Pengaruh variasi nilai modulus elastisitas dan pembebanan berlebihan terhadap tebal dan kerusakan perkerasan lentur (TS - 2472)

Alberik, Beryl (2019) Pengaruh variasi nilai modulus elastisitas dan pembebanan berlebihan terhadap tebal dan kerusakan perkerasan lentur (TS - 2472). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325120002_Beryl Alberik_01 Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
325120002_Beryl Alberik_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
325120002_Beryl Alberik_03 Kata Pengantar.pdf

Download (11kB)
[img] Text
325120002_Beryl Alberik_04 Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
325120002_Beryl Alberik_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
325120002_Beryl Alberik_06 Daftar Isi.pdf

Download (28kB)

Abstract

Sarana transportasi bisa tersedia dengan baik jika jalan raya yang digunakan juga baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kekuatan , ketahanan, atau umur jalan raya. Salah satunya adalah perkerasan lentur dari jalan raya. Metode empiris merupakan metode yang dikembangkan dari hasil percobaan atau pengalaman yang digunakan di Indonesia untuk perencanaan perkerasan lentur. Penelitian ini menggunakan metode Bina Marga PT T-01-2002-B untuk menghitung tebal dan menggunakan program KENPAVE untuk menghitung regangan tarik dan regangan tekan. Modulus material pada setiap lapisan akan divariasikan sebesar -30% -20%, -10%, +10%, +20%, dan +30% dari 350000 mpa pada lapisan permukaan, 230000 mpa pada lapisan pondasi atas, dan 16000 mpa pada lapisan pondasi bawah. Penambahan beban berlebih juga divariasikan sebesar adalah 0%, +50%, dan +100%. Dari hasil penelitian didapat perubahan nilai modulus material mempengaruhi tebal dan nilai regangan setiap lapisan pada perkerasan lentur. Semakin besar nilai kekuatan material lapisan permukaan maka tebal total lapisan semakin tipis. Begitu juga pada kekuatan material lapisan pondasi atas dan pondasi bawah. Regangan dipengaruhi oleh kuat tekan yang diterima dari penyaluran beban kendaraan ke lapisan perkerasan. Penambahan beban akan memberikan pengaruh pada peningkatan atau penurunan nilai regangan karena tekanan yang diterima lapisan perkerasan meningkat. Semakin meningkatnya regangan yang diterima tanah maka repetisi izin yang diterima akan semakin kecil begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 24 Apr 2021 07:43
Last Modified: 21 Jul 2021 23:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/20164

Actions (login required)

View Item View Item