Perancangan komunikasi visual buku puisi karya Sapardi Djoko Damono untuk meningkatkan daya tarik dan apresiasi puisi (DKV - 2335)

Ekacipta, Endru (2018) Perancangan komunikasi visual buku puisi karya Sapardi Djoko Damono untuk meningkatkan daya tarik dan apresiasi puisi (DKV - 2335). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625130062_Endru Ekacipta_01 Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
625130062_Endru Ekacipta_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (53kB)
[img] Text
625130062_Endru Ekacipta_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (53kB)
[img] Text
625130062_Endru Ekacipta_04 Abstrak.pdf

Download (65kB)

Abstract

Membaca adalah sebuah kegiatan yang biasa dilakukan seseorang ketika mereka mempunyai waktu senkung Membaca tidak selalu meillut kepada sebuah buku, bisa saja mereka membaca dari gudget mereka. Adapun berbagai jenis media serta bacaan yang banyak beredar luas di masyarakat karya sastra adalah salah satunya. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang sudah ada sejak lama Sampu saat ini pun, jenis karya sastra yang satu ini masih terus berkembang Puisi memang dapat menjadi salah satu bentuk karya seni sederhana yang dapat menyampaikan isi hati kepada pembaca secara langsung. Namun sayang, tingkat upresiasi terhadap puisi berkurang seiring berjalannya waktu. Meskipun pada zaman sekarang media digital lebih banyak mengambil alih dalam perkembangan anak karena teknologi sudah banyak, namun media seperti buku tetap dinimati hingga saat ini. Seperti kata Stan Lee, pendiri Marvel Comic Studios, "Comics are like boobs. They look grear on a computer, but I'd rather hold me in my hand. Hal ini diyakini karena melihat dan memegang secara langsung buku tersebut mempunyai perasaan yang berbeda ketika melakukan hal tersebut. Salah satu media yang dapat meningkatkan apresiasi terhadap puisi adalah dengan menggunakan buku. Oleh karena itu, dibuatlah perancangan buku kumpulan puisi sebagai media apresiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 24 Apr 2021 13:43
Last Modified: 10 Jul 2021 14:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item