Analisis perbandingan perkuatan jembatan rangka baja dengan metode prategang eksternal ditinjau dari bentuk trase kabel prategang (TS - 2377)

Hadi, Nicholas (2018) Analisis perbandingan perkuatan jembatan rangka baja dengan metode prategang eksternal ditinjau dari bentuk trase kabel prategang (TS - 2377). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_01 Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_02 Lembar Persetujuan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_03 Lembar Pengesahan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_04 Kata Pengantar.pdf

Download (10kB)
[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_05 Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_06 Lembar Pernyataan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
325140038_Nicholas Hadi_07 Daftar Isi.pdf

Download (46kB)

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur penting dalam infrastruktur jalan raya yang berfungsi untuk menghubungkan suatu ruas jalan yang terputus karena suatu rintangan. Rintangan tersebut biasa berupa sungai, jurang, lembah, atau danau. Di zaman modern ini, sedang dilaksanakan pembangunan di berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial, dan industri. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan beban pada jembatan yang ada di Indonesia. Dengan kata lain, banyak jembatan di Indonesia yang mengalami perubahan kelas jalan. Kondisi ini mengakibatkan dibutuhkannya evaluasi pada desain jembatan yang sudah ada. Jika jembatan dinilai sudah tidak layak untuk digunakan, pembongkaran dan pembangunan kembali jembatan bukanlah suatu opsi yang efektif, karena selain mahal, juga menganggu arus lalu lintas. Oleh karena itu, perkuatan jembatan menjadi opsi yang paling efektif. Perkuatan jembatan dengan metode prategang eksternal merupakan salah satu metode perkuatan yang efektif untuk mengatasi fenomena ini. Perkuatan jenis ini menggunakan kabel diluar rangka baja jembatan yang berguna untuk memperkuat struktur rangka jembatan. Dalam teori prategang eksternal, ada beberapa jenis bentuk trase kabel prategang. Pada penelitian ini, penulis memodelkan jembatan yang diperkuat menggunakan prategang eksternal dengan 5 bentuk trase kabel prategang yang berbeda-beda. Selanjutnya, Kelima model ini dibandingkan dengan model jembatan yang belum diperkuat dengan prategang eksternal. Analisis struktur pada peneltian ini menggunakan program SAP 2000. Variabel yang dilihat dari struktur jembatan setelah diperkuat adalah pengurangan tegangan yang terjadi pada setiap rangka batang jembatan. Pada akhir penelitian ini, dipilih 1 bentuk trase kabel prategang yang memberikan pengaruh terbesar dalam mengurangi tegangan yang terjadi pada rangka batang jembatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 24 Apr 2021 15:58
Last Modified: 26 Jul 2021 15:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/20629

Actions (login required)

View Item View Item