Analisa pengambilan keputusan pemilihan excavator dengan menggunakan metode analytic hierarchy process (AHP) (TS - 2385)

Caesario, Galih (2018) Analisa pengambilan keputusan pemilihan excavator dengan menggunakan metode analytic hierarchy process (AHP) (TS - 2385). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325140135_Galih Caesario_01 Cover.pdf

Download (97kB)
[img] Text
325140135_Galih Caesario_02 Kata Pengantar.pdf

Download (86kB)
[img] Text
325140135_Galih Caesario_03 Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
325140135_Galih Caesario_04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (82kB)
[img] Text
325140135_Galih Caesario_05 Daftar Isi.pdf

Download (379kB)

Abstract

Membuat keputusan adalah sebuah faktor penting dalam pelaksanaan konstruksi. Khususnya dalam pemilihan alat berat seperti excavator. Pada penelitian sebelumnya, pemilihan excavator dilakukan dengan memperhitungkan hal yang apabila responden memang bersentuhan langsung dengan excavator dan menggunakan alat berat ini tanpa memperhitungkan secara lebih spesifikasi yang berhubungan dengan kondisi proyek. Namun, penelitian ini bertujuan untuk memilih excavator dengan memperhitungkan spesifikasi alat yang juga berhubungan dengan kondisi proyek seperti gross power, fuel consumption, jangkauan dan kekuatan lengan excavator, kapasitas bucket, swing radius, digging force, ground clearance dan berat dari excavator itu sendiri. Di dalam proses pengambilan keputusan, banyak metode yang dapat dipakai untuk membantu pihak yang berkaitan dengan masalah tersebut dalam menentukan pilihannya. Analytic Hierarchy Process merupakan salah satu metode yang dapat memecahkan masalah semi-terstruktur dan keuntungan dari metode ini adalah tidak memerlukan ukuran sampel yang signifikan secara statistik sehingga metode ini lebih mudah dalam pengambilan data agar cepat diolah. Metode ini melalui beberapa tahap dalam analisanya yaitu kasus atau masalah yang ada dapat dimodelkan menjadi suatu hirarki dengan level dari tiap bagian masalahnya. Penentuan prioritas tertinggi pada kriteria menjadi pertimbangan dalam pemilihan alternatif yang ada dengan dilakukan pembobotan secara berpasangan dari kriteria-kriteria yang dibandingkan. Setelah menentukan bobot prioritas dari kriteria, alternatif yang ada diberi pembobotan secara berpasangan dan dibandingkan berdasarkan tiap kriterianya. Dengan analisa yang dilakukan dan disesuaikan dengan program asosiasi, didapat kriteria yang memiliki bobot tertinggi dan menjadi hal yang dipertimbangkan adalah biaya sewa (25,99%) dan disusul dengan kapasitas bucket (21.87%). Hasil dari pembobotan dari alternatif didapat alternatif tertinggi yaitu Excavator C (38.65%), lalu Excavator B (37.63%) dan terakhir adalah Excavator A (23.72%) yang analisanya dilakukan dengan membandingkan alternatif pada tiap kriterianya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 24 Apr 2021 16:55
Last Modified: 23 Jul 2021 11:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item