PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016 - 2019

Fortuna, Clarissa (2021) PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016 - 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Clarissa Fortuna 125170173 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan analisa pengaruh perencanaan pajak dan tax avoidance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur otomotif yang terdaftar di BEI periode 2016 -2019. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan model data panel dengan total penelitian pada 13 perusahaan. Penelitian dilakukan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) ver 25 dan SmartPLS 3.3.2. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif yang signifikan antara perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan, sedangkan tax avoidance tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh variabel kontrol debt funding dan firm size terhadap nilai perusahaan. Implikasi yang dimiliki penelitian ini adalah apabila perusahaan melakukan perencanaan pajak dan tax avoidance yang terlalu agresif maka akan bersifat illegal dan dapat menyebabkan adanya pemeriksaan pajak dari otoritas pajak. Nilai perusahaan akan menurun karena perusahaan dianggap tidak patuh terhadap peraturan pajak. Kata kunci: Perencanaan Pajak, Tax Avoidance, Nilai Perusahaan, Debt Funding, Firm Size.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2021 07:25
Last Modified: 25 Apr 2021 07:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item