PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2019

Wilbert, David (2020) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
David Wilbert 125170015 JA.pdf

Download (662kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh good corporate governance, likuiditas, dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2019. Penelitian ini menggunakan 48 sampel dari perusahaan manufaktur yang diseleksi dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda yang dibantu oleh program E-views versi 10.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, dan profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen, memperpanjang periode penelitian, dan menggunakan sektor selain perusahaan manufaktur. Kata kunci : Kebijakan Dividen, Good Corporate Governance, Likuiditas, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2021 07:56
Last Modified: 25 Apr 2021 07:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/20955

Actions (login required)

View Item View Item