Analisis pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap harga saham (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015)/IVAN

IVAN, IVAN (2017) Analisis pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap harga saham (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015)/IVAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di dalam teori pasar efisien disebutkan bahwa perubahan harga suatu sekuritas saham di waktu yang lalu tidak dapat digunakan untuk memperkirakan perubahan harga dan pada teori signal disebutkan juga bahwa investor melihat tanda tanda yang dibuat oleh manajer perusahaan untuk memprediksi prospek perusahaan ke depan. Karenanya dibuatlah penelitian untuk mendapatkan bukti empiris dengan menganalisis apakah faktor faktor fundamental berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan mnufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015. Faktor fundamental di sini dibagi menjadi profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas diwakili oleh rasio ROA, ROE, NPM, DER, CashTA, TATO, dan EPS. Penelitian menggunakan Regresi Data Panel yang dibantu dengan program Eviews. Hasil penelitian secara parsial hanya variabel NPM, CashTA dan EPS yang berpengaruh signifikan sedangkan untuk variabel ROA, ROE, DER dan TATO tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan seluruh variable secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Disarankan untuk memperpanjang periode waktu penelitian,gunakan variable bebas yang lebih banyak serta sample penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 29 Jun 2018 01:24
Last Modified: 28 May 2021 11:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item