Proses Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial (Studi pada Komunitas Penggemar Hot Wheels di Instagram)

Susilo, Jonathan Pramanta (2020) Proses Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial (Studi pada Komunitas Penggemar Hot Wheels di Instagram). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan lelang dapat dianggap sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang baru. Lelang merupakan aktivitas belanja online dimana harga ditentukan oleh pembeli dalam durasi yang telah ditentukan oleh penjual dan pembeli yang berhak mendapatkan barang berdasarkan dari tawaran harga tertinggi yang dberikan. Penelitian ini membahas tentang fenomena kegiatan lelang dalam industri komunikasi digital. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kegiatan lelang yang menggunakan media sosial Instagram ini memanfaatkan fitur Instagram Comments. Proses kegiatan ini diawali dengan melakukan publikasi melalui akun Instagram yang awalnya dibuat sebagai galeri koleksi pribadi namun akhirnya menjadi tempat untuk berjualan, promosi melalui flash sale, dan mengadakan giveaway secara rutin. Ketiga hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar dalam keberlangsungan kegiatan lelang karena untuk mengumpulkan para kolektor Hot Wheels untuk mengikuti kegiatan lelang yang nantinya akan menjadi calon pembeli. Publikasi dan promosi ini biasa dilakukan secara rutin selama seminggu untuk menarik perhatian followers. Keywords auction; instagram; marketing communication; online shopping; social media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:50
Last Modified: 25 Aug 2021 05:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21506

Actions (login required)

View Item View Item