PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN STROBERI (Fragaria vesca) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID PADA ORGAN JANTUNG TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK KRONIK

ARIFIYANI, ADELLA PUTRI (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN STROBERI (Fragaria vesca) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID PADA ORGAN JANTUNG TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK KRONIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (133kB)
[img] Text
1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (79kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan data dari WHO (2018), 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular dan setengahnya disumbangkan oleh penyakit kardiovaskular, seperti gagal jantung. Gagal jantung dapat disebabkan oleh stres oksidatif yaitu kondisi dimana antioksidan dan reactive oxidative species (ROS) dalam keadaan tidak seimbang, sehingga terjadi peroksidasi lemak dan sebagai hasilnya muncul malondialdehid (MDA). Salah satu penyebab stres oksidatif adalah hipoksia, yang dapat diatasi dengan antioksidan eksogen seperti stroberi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun stroberi (Fragaria vesca) terhadap kadar malondialdehid jantung dan darah tikus setelah diinduksi hipoksia. Penelitian ini menggunakan disain penelitian eksperimental in vitro: uji fitokimia, DPPH, uji fenolik total, uji alkaloid total dan uji toksisitas dengan BSLT serta pemeriksaan in vivo menggunakan 32 ekor tikus Sprague Dawley yang mendapat kondisi hipoksia 0 hari, 1 hari, 7 hari dan 14 hari kemudian dibagi menjadi kelompok yang mendapat ekstrak (400 mg/kgBB/hari selama 14 hari) dan kelompok yang tidak mendapat ekstrak. Jantung dan darah tikus akan diukur kadar MDA dan pemeriksaan histopatologi menggunakan pewarnaan HE. Pada uji fitokimia, didapatkan hasil positif pada alkaloid, antosianin, betasianin, kardio glikosida, kumarin, flavonoid, glikosida, fenol, kuinon, steroid, terpenoid dan tannin. Pada Uji DPPH didapatkan hasil IC50 125.58 µg/mL, uji fenolik total 508.493 µg/L, alkaloid total 29.941 µg/L dan uji toksisitas didapatkan LC50 21.605 µg/mL. Pada uji kadar MDA pada jantung dan darah tikus didapatkan hasil yang lebih rendah pada kelompok yang mendapat ekstrak dan didapatkan korelasi yang kuat antara kadar MDA jantung dan darah. Pada pemeriksaan patologi anatomi didapatkan adanya kardiomiopati dan nekrosis serabut jantung pada kelompok yang tidak mendapat ekstrak, sedangkan kelompok yang mendapat ekstrak mengalami kerusakan minimal. Berdasarkan penelitian ini, ekstrak daun stroberi memiliki kemampuan antioksidan dan efek untuk mengurangi kerusakan karena stres oksidatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Shirly
Uncontrolled Keywords: Stres oksidatif, Hipoksia, Antioksidan, Fragaria vesca, Malondialdehid Universitas Tarumanagara
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2021 12:55
Last Modified: 25 Jun 2021 12:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21677

Actions (login required)

View Item View Item