PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUKARELA DIMODERASI OLEH KEPEMILIKAN PEMERINTAH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2019

Kumala, Felia Prajna (2021) PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUKARELA DIMODERASI OLEH KEPEMILIKAN PEMERINTAH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Felia Pradna Kumala 125170022 JA.pdf

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh tata kelola perusahaan terhadap pengungkapan sukarela dan melihat peran moderasi kepemilikan pemerintah dalam hubungan tata kelola perusahaan dan pengungkapan sukarela pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa selama periode 2017 -2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode purposive sampling dan data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 279 data. Selanjutnya, untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan model regresi data panel. Penelitian ini menggunakan aplikasi EViews 11 SV Lite untuk pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah direktur independen dan skala KAP tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela, ukuran dewan direksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sukarela serta hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh moderasi dari kepemilikan pemerintah dalam hubungan antara direktur independen, ukuran dewan direksi, dan skala KAP terhadap pengungkapan sukarela. Kata Kunci : Pengungkapan Sukarela, Tata Kelola Perusahaan, Kepemilikan Pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:33
Last Modified: 26 Apr 2021 06:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21688

Actions (login required)

View Item View Item