Strategi Promosi Penyanyi Cover di Media Sosial

Setiawat, Mulyani Citra (2020) Strategi Promosi Penyanyi Cover di Media Sosial. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract The development of the internet can be felt significantly by the community, such as the emergence of social media. Utilization of social media is currently quite extensive. Many cover singers use social media to promote the results of their creativity on Instagram and sometimes they immediately get a positive response from their followers. A cover singer is a singer who sings someone's original song. In this case, the formulation in this study is to find out the promotional strategies adopted by cover singers on Instagram social media, to find out the strengths and weaknesses of Instagram social media in the promotion process. The theoretical foundation used in this study include promotional strategies, social media, and Instagram. The approach method used in this research is a qualitative approach. The speakers in this study were three cover singers namely Rama Davis, Raynaldo Wijaya, Alya Nur Zurayya who used social media as a means to promote and provide information to their followers and one expert on social media 'Abang' Edwin Syarif Agustin. The results of this study indicate that the promotional strategy adopted in social media for these three cover singers is to utilize free and paid features found on Instagram that are packaged differently. One of Instagram's strengths is being able to include a number of features like swipe up that are easy to use. This is what makes people want to do promotions on Instagram. Perkembangan internet sudah dapat dirasakan secara signifikan oleh masyarakat, seperti kemunculan media sosial. Pemanfaatan media sosial saat ini cukup luas. Banyak penyanyi cover yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan hasil kreativitasnya di Instagram dan terkadang mereka langsung mendapatkan respon positif dari pengikutnya. Penyanyi cover ialah penyanyi yang menyanyi ulang lagu original seseorang. Dalam hal ini, perumusan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang diterapkan oleh penyanyi cover di media sosial Instagram, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pada media sosial Instagram dalam melakukan proses promosi. Landasan teoritik yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ialah strategi promosi, media sosial, dan Instagram. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ialah tiga orang penyanyi cover yaitu Rama Davis, Raynaldo Wijaya, Alya Nur Zurayya yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi dan memberikan informasi kepada pengikutnya dan satu narasumber ahli media sosial ‘Abang’ Edwin Syarif Agustin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang diterapkan di media sosial ketiga penyanyi cover ini ialah memanfaatkan fitur-fitur gratis dan berbayar yang terdapat di Instagram yang dikemas secara berbeda. Salah satu kelebihan Instagram adalah mampu mencakup sejumlah fitur seperti swipe up yang mudah digunakan. Hal inilah yang membuat orang ingin melakukan promosi di Instagram. Keywords instagram and cover singers; promotion; social media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:38
Last Modified: 25 Aug 2021 03:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

View Item View Item