Pembagian Harta Bersama Akibat Nusyuz Ditinjau Dari Besaran Kontribusi Suami Istri Dalam Pekawinan (Studi Terhadap Putusan Pengadilan Agama Jakarta Barat Nomor 572/Pdt.G/2017/PA.JB

Anjarwati, Ajeng (2020) Pembagian Harta Bersama Akibat Nusyuz Ditinjau Dari Besaran Kontribusi Suami Istri Dalam Pekawinan (Studi Terhadap Putusan Pengadilan Agama Jakarta Barat Nomor 572/Pdt.G/2017/PA.JB. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER PDF.pdf

Download (238kB)
[img] Text
TANDA PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Perkawinan adalah perbuatan hukum yang mengikat antara seorang pria dengan seorang wanita yang mengandung nilai ibadah kepada Allah SWT,di mana para pihak baik suami ataupun istri mengandung aspek keperdataan yang menimbulkan hak dan kewajiban. Hak di sini adalah apa yang diterima oleh seseorang dari orang lain, sedangkan kewajiban adalah apa yang harus dilakukan terhadap orang lain. Istri yang tidak menjalankan kewajibannya maka dapat dianggap istri yang nusyuz sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1) Kompilasi Hukum Islam. Permasalahan yang terjadi dalam kasus ini adalah adakah pengaruh nusyuz terhadap pembagian harta bersama ditinjau dari besarnya kontribusi suami istri dalam perkawinan berdasarkan perspektif keadilan dalam Studi Putusan Pengadilan Agama Jakarta Barat Nomor 572/Pdt.G/2017/PA.JB?. Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Data penelitian memperlihatkan bahwa terdapat harta bawaan suaminya berupa usaha yang dijalani sebelum menikah dan setelah menikah suaminya mempercayakan hasil keuntungan usahanya kepada istrinya untuk dikelola. Tak disangka dalam perkawinannya terdapat masalah yang mengakibatkan tidak terpenuhinya hak suami dikarenakan istrinya telah berlaku nusyuz atau meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri dengan pergi tanpa alasan yang jelas dan membawa pergi uang hasil usaha yang dipercayai suaminya dengan menitipkan kepadanya untuk dikelola uang tersebut. Kesimpulan yang diambil adalah tindakan nusyuz seorang istri berpengaruh terhadap pembagian harta bersama dikarenakan sang istri yang telah melalaikan kewajibannya. Pembagian harta bersama tersebut dapat ditinjau melalui besaran kontribusi suami istri dalam perkawinan. Dengan demikian sebelum masuk jenjang perkawinan alangkah baiknya seseorang memperdalam ilmu tentang perkawinan agar mengetahui hak dan kewajiban yang harus dijalaninya dan takut jika melanggarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Abudan S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Nusyuz, Harta Bersama, Kontribusi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 08:11
Last Modified: 26 Apr 2021 08:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21864

Actions (login required)

View Item View Item