Studi hubungan faktor demografi penghuni dengan perubahan ukuran bangunan dan penggunaan lahan hunian (studi kasus: Citra Garden City 1) (PL - 854)

Lukito, Veronica Teny (2016) Studi hubungan faktor demografi penghuni dengan perubahan ukuran bangunan dan penggunaan lahan hunian (studi kasus: Citra Garden City 1) (PL - 854). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345120030_Veronica Teny Lukito_04 Abstrak.pdf

Download (404kB)
[img] Text
345120030_Veronica Teny Lukito_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
345120030_Veronica Teny Lukito_06 Daftar Isi.pdf

Download (652kB)
[img] Text
345120030_Veronica Teny Lukito_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
345120030_Veronica Teny Lukito_01 Cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
345120030_Veronica Teny Lukito_03 Kata Pengantar.pdf

Download (383kB)

Abstract

Keberlangsungan perumahan pasca pembangunan sering terlewatkan oleh pihak terkait, mengakibatkan unsur perumahan berubah, terutama pada perumahan kelas menengah. Neighbourhood change sering terjadi karena ada kebutuhan yang sudah tidak terpenuhi oleh kondisi perumahan yang semula dan hal tersebut merupakan proses yang pasti terjadi. Sebagai perumahan terencana untuk kelas menengah, pasca 32 tahun pengembangan, Citra 1 mengalami perubahan pada unsur neighbourhood, terutama pada unsur penggunaan lahan dan ukuran bangunan hunian yang disebabkan oleh faktor demografi (dinamika dan ekonomi) penghuni. Dari fakta lapangan, 10% kavling hunian tidak digunakan sebagai tempat tinggal, tetapi sebagai tempat komersial, dan lebih dari 50% responden menyatakan pernah melakukan perluasan pada bangunan huniannya. Hal ini yang menunjukan Citra 1 mengalami neighbourhood change. Berdasarkan model neighbourhood change Grigsby, unsur neighbourhhod di Citra 1 yang masuk ke dalam model ecology adalah rumah dan kondisi ekonomi penghuni, sedangkan yang masuk ke dalam model subcultural hanya kondisi dinamika penghuni, dan yang masuk ke dalam model political economy adalah rumah, penggunaan lahan, dan kondisi ekonomi penghuni. Sehingga, secara utuh Citra 1 masuk ke dalam model ecology dan political economy. Dimana faktor demografi yang mempengaruhi perubahan ukuran bangunan hunian dan penggunaan lahan hunian adalah perubahan jumlah anggota keluarga, usia pernikahan pemilik rumah, lama tinggal, perubahan jumlah pekerja dalam keluarga, perubahan tingkat pengeluaran rumah tangga, dan tingkat pengeluaran rumah tangga saat ini. Dan yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan hunian hanya faktor ekonomi penghuni. Oleh sebab itu, penting bagi pengembangan hunian selanjutnya untuk memperhatikan perubahan dan perkembangan unsur demografi calon penghuni dalam melakukan perencanaan perumahan. Penting juga bagi penghuni dan pengelola perumahan untuk membatasi perubahan pada perumahan agar tidak memberikan dampak negative pada lingkungan perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 16:41
Last Modified: 23 Jul 2021 17:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22619

Actions (login required)

View Item View Item