Penataan kawasan sisi Banjir Kanal Timur (BKT) dengan konsep waterfront city (objek studi: sisi Banjir Kanal Timur (BKT) di kelurahan Pulogebang) (PL - 869)

Rahmawati, Anggy (2016) Penataan kawasan sisi Banjir Kanal Timur (BKT) dengan konsep waterfront city (objek studi: sisi Banjir Kanal Timur (BKT) di kelurahan Pulogebang) (PL - 869). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345120021_Anggy Rahmawati_01 Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
345120021_Anggy Rahmawati_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
345120021_Anggy Rahmawati_03 Kata Pengantar.pdf

Download (157kB)
[img] Text
345120021_Anggy Rahmawati_04 Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
345120021_Anggy Rahmawati_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
345120021_Anggy Rahmawati_06 Daftar Isi.pdf

Download (366kB)

Abstract

Banjir Kanal Timur (BKT) merupakan salah satu sungai di Jakarta yang memiliki fungsi untuk mengalirkan air dari hulu ke hilir yaitu dari Jakarta Timur ke Jakarta Utara. Pembuatan Banjir Kanal Timur (BKT) tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengurangi banjir yang terjadi di Jakarta. Di sekitar Banjir Kanal Timur terdapat beberapa potensi yang dimiliki beberapa wilayah, salah satunya di Kelurahan Pulogebang yang memiliki terminal terpadu yaitu terminal Pulgebang. Kelurahan Pulogebang terletak di Kecamatan Cakung yang merupakan salah satu kecamatan yang direncanakan menjadi pusat kegiatan di Jakarta Timur. Tetapi hingga saat ini penggunaan lahan di Kelurahan Pulogebang tidak mendukung untuk menjadi pusat kegiatan. Sehingga diperlukan adanya konsep penataan kawasan yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan memanfaatkan Banjir Kanal Timur (BKT) tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menata kawasan di Kecamatan Cakung, tepatnya Kelurahan Pulogebang menjadi pusat kegiatan Jakarta Timur dengan konsep waterfront city sesuai dengan karakteristik penggunaan lahan di objek studi dan menata kawasan sisi Banjir Kanal Timur di Kelurahan Pulogebang dengan memanfaatkan BKT dan sesuai dengan peraturan pemerintah. Oleh karena itu, konsep yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah konsep waterfront city. Konsep waterfront city adalah konsep yang menggabungkan kegiatan perkotaan dengan perairan dan memanfaatkan perairan tersebut dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan 7 tahapan analisis dengan metode deskriptif. Adapun hasil akhir yang didapatkan berupa masterplan kawasan sisi Banjir Kanal Timur dan saran mengenai perencanaan ke depan yang perlu dilakukan untuk mendukung konsep waterfront city di kawasan sisi Banjir Kanal Timur di Kelurahan Pulogebang. Kata Kunci:Penataan Kawasan, Kelurahan Pulogebang, Banjir Kanal Timur, Waterfront City

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 16:58
Last Modified: 14 Jul 2021 13:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item View Item