Rencana penataan kawasan sekitar stasiun Jatinegara dengan konsep transit oriented development (TOD) (studi kasus: stasiun Jatinegara, kecamatan Matraman, Jakarta Timur) (PL - 841)

Albert, Albert (2016) Rencana penataan kawasan sekitar stasiun Jatinegara dengan konsep transit oriented development (TOD) (studi kasus: stasiun Jatinegara, kecamatan Matraman, Jakarta Timur) (PL - 841). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345120004_Albert_01 Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
345120004_Albert_02 Kata Pengantar.pdf

Download (264kB)
[img] Text
345120004_Albert_03 Abstrak.pdf

Download (156kB)
[img] Text
345120004_Albert_04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
345120004_Albert_05 Daftar Isi.pdf

Download (914kB)

Abstract

Transportasi adalah bagian penting dalam setiap aktifitas di dalam suatu wilayah, salah satu cara untuk mengintegrasikan transportasi dengan aktivitas tersebut adalah membuat pusat transportasi dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Penelitian ini mengkaji objek studi di Stasiun Jatinegara ,Kecamatan Matraman, Kecamatan Jatinegara ,Jakarta Timur dengan luas 3,26 Ha. Stasiun Jatinegara ini adalah salah satu yang akan dijadikan pusat transportasi dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) menurut RDTR 2030. Dalam hal ini yang harus kita lihat adalah fasilitas yang menunjang Stasiun Jatinegara agar sesuai dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Fasilitas tersebut seperti jalan bagi pejalan kaki (pedestrian), lajur sepeda dan tempat parkir. Stasiun Jatinegara juga ditunjang oleh adanya Pasar Jatinegara yang dinyatakan sebagai pusat kegiatan sekunder. Kawasan sekitar Stasiun Jatinegara memiliki ketinggian sekitar 24 lt bangunan. Kondisi pedestrian di kawasan ini hanya berada di jalan utama dan pedestriannya disalahgunakan oleh para pedagang kaki lima serta ruko-ruko yang menaruh barang dagangannya diluar. Sehingga, Stasiun Jatinegera masih belum menunjang kenyamanan bagi para pengguna kendaraan umum seperti kereta api. Oleh karena itu diperlukan rencana penataan kawasan sekitar Stasiun Jatinegara agar dapat mengoptimalkan ketinggian bangunan dan area komersial yang berada di sekitarnya. Penataan ini akan menggunakan konsep Transit Oriented Development (TOD). Di dalam penelitian ini, analisis yang digunakan untuk melakukan penataan di kawasan sekitar Stasiun Jatinegara adalah analisis kebijakan, analisis lokasi dan tapak, analisis tipologi TOD, analisis pesebaran properti, analisis kebutuhan ruang, dan analisis spasial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan benchmarking. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rencana penataan kawasan sekitar Stasiun Jatinegara dalam bentuk masterplan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 16:59
Last Modified: 14 Jul 2021 17:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item View Item