Studi imlementasi program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan pada perumahan tapak (studi kasus: perumahan Puri Harmoni 7 dan perumahan Cisauk Residence) (PL - 850)

Natalia, Natalia (2016) Studi imlementasi program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan pada perumahan tapak (studi kasus: perumahan Puri Harmoni 7 dan perumahan Cisauk Residence) (PL - 850). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345120006_Natalia_01 Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
345120006_Natalia_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[img] Text
345120006_Natalia_03 Kata Pengantar.pdf

Download (197kB)
[img] Text
345120006_Natalia_04 Abstrak.pdf

Download (196kB)
[img] Text
345120006_Natalia_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
345120006_Natalia_06 Daftar Isi.pdf

Download (276kB)

Abstract

Kepemilikkan akan rumah yang layak dan terjangkau merupakan kebutuhan dasar dan hak asasi setiap masyarakat Indonesia tapi pada kenyataannya permasalahan perumahan masih terus terjadi. Permasalahan klasik seperti backlog perumahan, rumah tidak layak huni dan permukiman kumuh masih belum dapat terselesaikan. Upaya pemerintah melalui program-program perumahan seperti Kongres Perumahan Rakyat, Lokakarya Nasional, Program GNPSR dan peraturan pemerintah lainnya masih juga belum dapat menyelesaikan masalah perumahan terutama untuk permasalahan pemenuhan kebutuhan perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Namun pemerintah tetap terus berupaya membuat program perumahan bagi MBR salah satu program yang sedang berjalan saat ini adalah program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Program FLPP ini merupakan program dukungan fasilitas pembiayaan perumahan kepada MBR yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program yang telah berjalan selama kurang lebih 6 tahun ini tentunya masih memiliki keunggulan dan juga kelemahan yang masih harus diperbaiki. Program FLPP ini juga telah diimplementasikan di seluruh Indonesia, 2 perumahan di antaranya adalah Perumahan Puri Harmoni 7 dan Perumahan Cisauk Residence. Dalam studi ini implementasi tersebut dilihat dari 5 aspek sistem perumahan umum yaitu tanah, bangunan, infrastruktur, fasilitas dan pembiayaan. Kesuksesan dari pelaksanaan program FLPP juga tidak dapat lepas dari peran dan persepsi dari setiap stakeholder yang terlibat di dalamnya. Peran dan persepsi dari stakeholder seperti pemerintah, developer, bank dan konsumen berbeda-beda namun sangat terkait satu sama lainnya sehingga nantinya dalam pelaksanaannya harus terdapat struktur yang jelas mengenai tugas tanggung jawab serta keterkaitan antar stakeholder dengan tentunya tetap di bawah pengawasan dan pengendalian dari pihak pemerintah. Oleh sebab itu, dalalm laporan ini didapatkan hasil bahwa program FLPP ini perlu untuk dilanjutkan kembali ke depannya namun tentunya program ini perlu dilakukan evaluasi serta perbaikan secara berkala agar dapat berfungsi secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 17:00
Last Modified: 16 Jul 2021 09:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22670

Actions (login required)

View Item View Item