Tanggung Jawab Bandar Udara Terhadap Keterlambatan Penerbangan Akibat Tidak Beroperasinya Alat Navigasi Penerbangan Berdasarkan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2009

Arafah, Harry (2020) Tanggung Jawab Bandar Udara Terhadap Keterlambatan Penerbangan Akibat Tidak Beroperasinya Alat Navigasi Penerbangan Berdasarkan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER_pdf.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi_pdf.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Persetujuan skripsi_pdf.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK_pdf.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I_pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB V_pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_pdf.pdf

Download (267kB)

Abstract

Pada awal perang dunia pertama system kebandarudaraan masih sangat sederhana dimulai dengan adanya lapangan terbang atau (airfield) tujuan utama dari operasi bandar udara adalah perencaan, implementasi dan pengendalian yang efisien dan efektif bagi jasa angkutan bandar udara tersebut, di Indonesia sendiri perkembangan bandar udara dimulai saat pendudukan Belanda di Indonesia pada masa penjajahan, namun dalam praktiknya masalah masalah operasional bandar udara masih terjadi dan masalah tersebut sangat berdampak pada operasional penerbangan, mulai dari keterlambatan penerbangan (flight delay), hingga pembatalan penerbangan (flight cancelation) Terjadi akibat masalah tersebut. Bagaimana bentuk tanggung jawab bandar udara terhadap keterlambatan penerbangan yang diakibatkan oleh rusaknya alat pendukung operasi penerbangan. Dan bagaimana perlindungan yang diberikan kepada pengguna layanan jasa bandar udara yang terdampak akibat keterlambatan yang terjadi akibat operasional penerbangan. Penulis melakukan penelitian dalam permasalahan ini menggunakan metode normative dengan di dukung oleh data wawancara para ahli. Penulis menganalisis bahwa pada permasalahan ini adanya keterlambatan penerbangan yang disebabkan oleh tidak beroperasinya lampu runway. Oleh sebab itu adanya tanggung jawab yang diberikan oleh bandar udara terhadap perusahaan penerbangan akibat tidak beroperasinya lampu runway, saran yang dapat diberikan penulis adalah diharapkan agar pemerintah untuk dapat membuat peraturan mengenai tanggung jawab bandara agar adanya kepastian hukum dalam penggunaan jasa bandar udara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Atas Keterlambatan, Lampu Runway, Bandar Udara
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:19
Last Modified: 27 Apr 2021 01:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22758

Actions (login required)

View Item View Item