PENGARUH EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L) TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK KATALASE (EC 1.11.1.6) DARAH DAN PARU TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA

SULIANTO, HERNANDO (2020) PENGARUH EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L) TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK KATALASE (EC 1.11.1.6) DARAH DAN PARU TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (320kB)
[img] Text
1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (193kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stres oksidatif adalah keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara oksidan dan antioksidan, sehingga dapat menimbulkan penyakit pada organ paru seperti PPOK dan juga kematian sel. Kematian sel menyebabkan terjadinya penurunan enzim katalase (antioksidan endogen), sehingga dibutuhkan antioksidan eksogen seperti daun strawberry (Fragaria vesca L). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstak daun strawberry terhadap aktivitas spesifik katalase darah dan organ paru tikus Sprague Dawley setelah diinduksi hipoksia. Penelitian dilakukan secara in vitro yaitu skrining fitokimia, kapasitas antioksidan dengan DPPH, uji fenolik (Singleton & Rossi), uji alkaloid (Trivedi et al), uji toksiksitas (Meyer) serta in vivo dengan tikus Sprague Dawley yang dibagi menjadi kelompok yang diberi ekstrak daun strawberry (400 mg/kgBB/hari; 14 hari) dan tidak diberi ekstrak dengan durasi perlakuan normoksia, hipoksia (8% O2, 92% N2) 1, 7, 14 hari. Dilakukan pemeriksaan aktivitas spesifik katalase (Mates) dan pemeriksaan histopatologi paru (HE) dengan pembesaran 40 dan 100 kali. Pada uji fitokimia (alkaloid, antosianin dan betasianin, kardio glikosida, kumarin, flavonoid, glikosida, fenolik, kuinon, steroid, terpenoid, tanin ) didapatkan hasil positif, IC50 209,797μg/mL, kadar fenolik 506,931 μg/mL, alkaloid total 29.679 μg/mL, dan LC50 21.606 μg/mL. Terdapat penurunan bermakna (Mann-whitney, p<0,05) aktivitas spesifik katalase pada darah dan paru tikus Sprague Dawley yang diinduksi hipoksia 1, 7, dan 14 hari dibandingkan dengan normoksia pada semua kelompok. Kelompok yang diberi ekstrak daun strawberry memiliki aktivitas spesifik katalase yang lebih tinggi. Terdapat korelasi bermakna antara paru dengan darah tikus yang diberi maupun yang tidak diberi ekstrak daun strawberry. Pada histopatologi paru tampak kerusakan yang lebih parah pada kelompok yang tidak diberikan ekstrak daun strawberry dibandingkan kelompok yang diberikan ekstrak daun strawberry karena terdapat infiltrasi sel mononuklear dan alveolus yang melebar. Dapat disimpulkan bahwa daun strawberry memiliki efek antioksidan dan antikanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limanan, David
Uncontrolled Keywords: Stres oksidatif, katalase, darah, paru, Fragaria vesca L
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2021 13:17
Last Modified: 25 Jun 2021 13:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item View Item