PENGARUH FINANCIAL DISTRESS TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT DENGAN INTERNAL CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Jessica, Jessica (2021) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT DENGAN INTERNAL CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Jessica 125170156 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh financial distress terhadap earnings management baik akrual maupun riil serta pengaruh moderasi dari internal control dalam hubungan financial distress dengan earnings management pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2017-2019. Desain penelitian yang digunakan untuk menguji pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen serta pengaruh variabel moderasi dalam hubungan tersebut yaitu penelitian deskriptif dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 105 sampel perusahaan. Kemudian, untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan model regresi data panel dan model regresi moderasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi EViews 11. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa financial distress memiliki pengaruh positif signifikan terhadap accrual earnings management, financial distress tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap real earnings management, dan terdapat pengaruh moderasi dari internal control yang memperlemah hubungan financial distress dengan earnings management baik akrual maupun riil. Kata Kunci : Kesulitan Keuangan, Manajemen Laba Akrual, Manajemen Laba Riil, Pengendalian Internal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:41
Last Modified: 27 Apr 2021 02:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item