HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM TABLET FE TERHADAP ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT, JANUARI-JUNI 2019 SKRIPSI

PRIMEGA, CATERINA (2020) HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM TABLET FE TERHADAP ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT, JANUARI-JUNI 2019 SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anemia dalam kehamilan merupakan kondisi ibu hamil dengan kadar hemoglobin dibawah 11 gr/dL pada trimester I dan III atau kadar <10,5 gr/ dL pada trimester II, di mana anemia zat besi adalah penyumbang 75% dari semua jenis anemia pada kehamilan. Di Indonesia sendiri setiap ibu hamil diharapkan mendapatkan tablet Fe atau lebih dikenal dengan TTD (Tablet Tambah Darah) minimal 90 tablet selama kehamilan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan yang bermakna antara kepatuhan minum tablet Fe dengan anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain studi cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Juni 2019 dengan jumlah responden adalah 138 ibu hamil. Jumlah ibu hamil yang mengalami anemia di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat sebanyak 36 responden (26,1%). Dari 138 responden didapatkan 76 responden (55,1%) yang tidak patuh minum tablet Fe secara teratur dan 62 responden (44,9%) yang patuh minum tablet Fe secara teratur. Terdapat hubungan yang bermakna antara kepatuhan minum tablet Fe dengan anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat (p=0,0000). Ibu hamil yang tidak patuh mengonsumsi tablet Fe memiliki peluang untuk mengalami anemia 6,53 kali lebih besar dari ibu hamil yang patuh mengonsumsi tablet Fe (PR=6,53).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: Anemia, tablet Fe, ibu hamil
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:39
Last Modified: 28 May 2024 02:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22917

Actions (login required)

View Item View Item