PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM DI GIANYAR, BALI MELALUI KEMAMPUAN PEMASARAN SEBAGAI MEDIASI DAN SUMBER DAYA PEMASARAN SEBAGAI MODERASI

Kusuma Nata Nyoman, Pande (2019) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM DI GIANYAR, BALI MELALUI KEMAMPUAN PEMASARAN SEBAGAI MEDIASI DAN SUMBER DAYA PEMASARAN SEBAGAI MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Pande Nyoman Nata Kusuma 115150410 Abstrak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM melalui kemampuan pemasaran sebagai mediasi dan sumber daya pemasaran sebagai moderasi. Populasi dari penelitian ini adalah UKM di Gianyar, Bali. Sampel dipilih menggunakan metode convenience sampling yang berjumlah 100 responden. Teknik pengolahan data menggunakan program SPSS 22. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemasaran dapat memediasi pengaruh positif dan signifikan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM. Pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM melalui kemampuan pemasaran dapat dimoderasi secara positif dan signifikan oleh sumber daya pemasaran sehingga efek tidak langsung lebih kuat ketika sumber daya pemasaran tinggi daripada ketika sumber daya pemasaran rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:43
Last Modified: 28 Apr 2021 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22918

Actions (login required)

View Item View Item