PEWARISAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA REMAJA SUNDA WIWITAN (STUDI PROSES KOMUNIKASI PEWARISAN NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT SUNDA WIWITAN DI KUNINGAN)

LESTARI, FANY AULIA SUCI (2020) PEWARISAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA REMAJA SUNDA WIWITAN (STUDI PROSES KOMUNIKASI PEWARISAN NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT SUNDA WIWITAN DI KUNINGAN). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak fany.pdf

Download (183kB)

Abstract

Abstrak : Sunda Wiwitan merupakan kepercayaan masyarakat tradisional Sunda yang diturunkan dan dikembangkan oleh Pangeran Madrais. Kepercayaan ini masih dipegang tehuh oleh masyarakat sampai sekarang. Masyarakat Sunda Wiwitan tidak hanya berada di Desa Cigugur Kuningan namun juga tersebar di daerah Jawa Barat lainnya. Dalam menjaga eksistensi kepercayaan Sunda Wiwitan, para leluhur mewariskan nilai budaya Sunda Wiwitan pada generasi selanjutnya khususnya remaja. Nilai budaya yang diwariskan pada remaja Sunda Wiwitan melalui proses komunikasi. Proses pewarisan nilai budaya pada remaja Sunda Wiwitan disampaikan melalui forum pertemuan Simpay Nonoman AKUR Sunda Wiwitan di Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur Kuningan. Pada forum pertemuan tersebut, para leluhur mewariskan nilai-nilai budaya kepada para remaja Sunda Wiwitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses pewarisan nilai budaya pada remaja Sunda Wiwitan dan nilai budaya apa saja yang diwariskan pada remaja Sunda Wiwitan serta hambatan dalam proses pewarisan nilai budaya tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, budaya, dan karakteristik budaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Data yang akan dianalisis diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan tiga orang narasumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah para leluhur Sunda Wiwitan tidak semata-mata hanya mewariskan nilai budayanya pada para remaja, akan tetapi inti dari tujuan pewarisan nilai budaya Sunda Wiwitan pada remaja yaitu untuk memperkokoh keberadaan kepercayaan Sunda Wiwitan dan membuka pemahaman publik akan adanya kepercayaan tradisional yakni Sunda Wiwitan. Kata Kunci: budaya, komunikasi, pewarisan nilai budaya, kepercayaan tradisional, sunda wiwitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:29
Last Modified: 27 Apr 2021 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/22972

Actions (login required)

View Item View Item