Penerapan Pembuktian Sederhana Dalam Kepailitan Menurut Undang-Undang No 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU (Studi kasus : Putusan No 04/Pdt/Sus.Pailit/2015/PN.Niaga.JKT.PST)

Dias, Rafael Angelo (2019) Penerapan Pembuktian Sederhana Dalam Kepailitan Menurut Undang-Undang No 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU (Studi kasus : Putusan No 04/Pdt/Sus.Pailit/2015/PN.Niaga.JKT.PST). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover.pdf

Download (91kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Keistimewaan pembuktian dalam undang-undang kepalitan adalah adanya pembuktian sederhana, sesuai persyaratan yuridis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (4) undang-undang kepailitan. Akan tetapi pembuktian sederhana ini juga dapat menimbulkan permasalahan. Salah satu contoh konkrit dari permasalahan yang timbul dalam pembuktian sederhana ini dalam prakteknya adalah putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor putusan: 04/Pdt-Sus.Pailit/2015/PN.Niaga/JKT.PST antara Dewan Komisioner Otoritas Jasa dengan PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya. Permasalahannya bagaimana penerapan pembuktian sederhana dalam kasus tersebut. Penulisan ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersumber pada data primer dan data sekunder yang dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan konseptual dan undan-undang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis ,maka jelas utang PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya sudah terbukti secara sederhana akan tetapi Majelis Hakim dalam putusan menolak permohonan dengan alasan pembuktian utang tidak sederhana maka tidak memenuhi unsur Pasal 8 ayat (4) UUKPKPU. Atas dasar itu penulis merekomendasikan hakim lebih bijaksana memperhatikan peraturan perundang-undangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. F.X. Suyud Margono, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kepailitan, utang, pembuktian, pembuktian sederhana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:45
Last Modified: 04 May 2021 03:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item View Item