Analisis Yuridis Penetapan Wali Pengawas oleh Balai Harta Peninggalan dalam rangka Melindungi Hak Keperdataan Anak (Contoh Putusan Nomor:0014/Pdt.P/2015/PA.Mn).

Cokronegoro, Rhenal (2019) Analisis Yuridis Penetapan Wali Pengawas oleh Balai Harta Peninggalan dalam rangka Melindungi Hak Keperdataan Anak (Contoh Putusan Nomor:0014/Pdt.P/2015/PA.Mn). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover .pdf

Download (12kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Anak merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita jaga dan yang harus kita lindungi, karena anak juga merupakan manusia yang memiliki hak-hak dan juga martabat sebagai seorang manusia. Salah satu dari hak-hak anak merupakan hak untuk menikmati harta kekayaan orang tuanya, termasuk warisan. Banyak anak yang orang tuanya mengalami masalah, seperti bercerai maupun salah satu atau kedua orang tuanya meninggal dunia. Agar anak dapat melakukan perbuatan hukum, ia membutuhkan wali dalam melakukan perbuatan hukum. Wali disini memiliki fungsi untuk mewakili seluruh kebutuhan anak dalam melakukan perbuatan hukum. Dalam perwalian, ada dikenal dengan yang namanya wali pengawas yang memiliki fungsi untuk mengawasi wali dalam hal mengurus dan mengelola harta dari si anak, dalam hal ini adalah Balai Harta Peninggalan. Masalah disini adalah Balai Harta Peninggalan tidak selalu digunakan di dalam putusan perwalian seperti yang tercantum dalam Pasal 366 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga diharapkan untuk melakukan penerapan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Balai Harta Peninggalan wajib untuk menjadi wali pengawas di dalam setiap putusan perwalian sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni dalam Pasal 366 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulati, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Anak, Wali, Balai Harta Peninggalan.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:55
Last Modified: 04 May 2021 03:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item View Item