HUBUNGAN TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT KEPARAHAN INSOMNIA PADA LANSIA DI PANTI WERDHA SALAM SEJAHTERA PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2019

REINATTA, FELICIA (2020) HUBUNGAN TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT KEPARAHAN INSOMNIA PADA LANSIA DI PANTI WERDHA SALAM SEJAHTERA PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
REINATTA, FELICIA 405160103.pdf

Download (870kB)

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia Usia Harapan Hidup meningkat dari 69,8 tahun menjadi 70,9 tahun dan akan terus meningkat menjadi 72,4 tahun pada 2035. Lansia menurut World Health Organization (WHO) adalah seseorang dengan usia > 65 tahun di mana seiring bertambahnya usia maka angka kejadian gangguan tidur meningkat. Gangguan tidur menyebabkan menurunnya kualitas, waktu, dan jumlah tidur yang mengakibatkan terganggunya fungsi kognitif, peningkatan depresi dan kecemasan yang mempengaruhi fisik dan mental seseorang. Sekitar 66% gangguan tidur terjadi di Panti Werdha dan 50% pada lansia yang tinggal di rumah. Terapi musik merupakan salah satu cara non farmakologi untuk membantu mengurangi tingkat keparahan insomnia. Musik dengan tempo lambat (60-80 BPM) dapat mengurangi ketegangan sehingga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan terapi musik terhadap tingkat keparahan insomnia pada lansia di Panti Werdha Salam Sejahtera, Bogor. Metode: penelitian bersifat eksperimental yang merupakan uji klinis analitik paralel independen dengan menggunakan kuisioner insomnia severity index. Analisis statistik menggunakan uji-t. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 40 responden. Ditemukan 38 responden dengan insomnia sedang dan dua orang lainnya menderita insomnia berat. Terjadi penurunan rerata (mean) skor total insomnia menjadi 9,1 pada kelompok responden mendapatkan terapi musik 60 BPM. Didapatkan hubungan yang bermakna secara statistik antara pengaruh terapi musik dengan kualitas tidur pada lansia dengan P value 0,000 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Biromo, Anastasia Ratnawati
Uncontrolled Keywords: Insomnia, Lansia, Panti werdha, Terapi Musik 60 BPM, Insomnia Severity Index.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 02 Jul 2021 05:38
Last Modified: 19 Dec 2022 09:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item View Item