HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

LESTARI, SHIRLEY (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (307kB)
[img] Text
1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
top.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6.pdf

Download (6kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (97kB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu ranah kehidupan yang penting, terutama dalam pendidikan kedokteran terkait dengan prestasi ak ademik, kinerja klinis dalam konsultasi medis dokter dengan pasien. Tingginya kecerdasan emosional terbukti memiliki hubungan sosial yang baik, terhindar dari konflik, membantu mengambil keputusan yang rasional, mampu bersosialisasi, dan menghadapi masalah dengan baik serta beradaptasi dengan bidang medis yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini bersifat cross sectional, dengan menggunakan kuesioner kecerdasan emosional (Goleman) untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional. Prestasi belajar didapatkan dari IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) selama 5 semester. Pada penelitian ini didapatkan sebanyak 67,3% memiliki kecerdasan emosional yang baik dan 32,7% memiliki kecerdasan emosional yang sangat baik. Prestasi belajar didapatkan sebanyak 49,1% dengan prestasi belajar cukup dan 50,9% dengan prestasi belajar baik. Mahasiwa perempuan memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik dibandingkan laki-laki. Pada penelitian ini tidak ditemukan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar (nilai p>0,05). Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi tidak selalu memiliki prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irawaty, Enny
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kuesioner Goleman, prestasi akademik, mahasiswa kedokteran, prestasi belajar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:09
Last Modified: 04 Jun 2021 04:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item View Item