AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA STARBUCKS CHINATOWN

Setiawan, Ivan (2020) AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA STARBUCKS CHINATOWN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak ivan.pdf

Download (182kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara barista berkomunikasi kepada konsumen demi mempertahankan citra perusahaan. Teori yang dipakai adalah teori komunikasi antarpribadi, komunikasi interpersonal dalam bisnis. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Subyek dari penelitian ini adalah Barista yang ditempatkan di Starbucks Chinatown. Peneliti mendapatkan informasi tentang apa yang dibutuhkan dengan melakukan wawancara secara online dengan para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Barista menerapkan semua aspek sikap yang berhubungan dengan tujuan komunikasi interpersonal dalam bisnis, yaitu menyampaikan informasi, berbagi pengalaman, rasa simpati, melakukan kerja sama, mengatasi komplain dari pelanggan, dan juga memotivasi atau mendukung konsumen. Menyampaikan informasi dilakukan Barista sering terjadi antara Barista dan konsumen di POS (mesin kasir). Berbagi pengalaman terjadi komunikasi dua arah antara barista dan konsumen. Barista juga tetap menjalin hubungan dan melakukan kerjasama diluar jam kerja. Barista secara profesional dalam menghadapai kekesalan atau kekecewaan konsumen. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Citra perusahaan, Barista, Starbucks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:47
Last Modified: 27 Apr 2021 04:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23095

Actions (login required)

View Item View Item