Aritonang, Lerbin R (2003) KEPUASAN MAHASISWA S1 MANAJEMEN FE-UNTAR JAKARTA TERHADAP PELAYANAN DAN FASILITAS YANG DIPEROLEH. Karya Ilmiah Dosen. pp. 1-32.
|
Text
2388-5175-1-SM.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kondisi persaingan yang makin ketat antar perusahaan akhir-akhir ini memberikan peluang yang lebih besar bagi konsumen beralih ke perusahaan sejenis lainnya untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam keadaan yang demikian, kepuasan konsumen menjadi makin penting untuk diperhatikan oleh pengelola suatu perusahaan. Jika konsumen suatu perusahaan tidak puas maka perusahaan itu akan kehilangan konsumen, yang selanjutnya akan kehilangan pendapatan maupun keuntungan. Sebaliknya, jika konsumen suatu perusahaan puas maka dimungkinkan untuk dapat bertahan, yang selanjutnya akan dapat mempertahankan - bahkan meningkatkan - pendapatan maupun keuntungan perusahaan. Konsumen yang puas menawarkan bisnis berupa suatu peningkatan pendapatan dan pengurangan biaya operasi (Dutka, 1994: l). Alasannya adalah bahwa konsumen yang puas akan membeli lebih banyak dan lebihsering, serta memberikan rekomendasi kepada teman dan keluarganya. Sehubungan dengan itu, kepuasan konsumen telah menjadi tujuan kunci operasional untuk banyak perusahaan (Hill dan Alexander, 2000: I ). Sehubungan dengan hal di atas, Engel, Blackwell, dan Miniar (1995: 273) juga mengemukakan bahwa literatur pemasaran sekarang ini dibanjiri dengan penelitian dan komentar mengenai isi kepuasan, jauh lebih daripada yang ada pada satu dekade yang lalu. Menurut mereka, ada tiga alasan nrengenai hal itu. Satu, usaha untuk mempertahankan pelanggan merupakan sasaran p€masaran yang dominan dari segi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Penelitian > Fakultas Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Puskom untar untar |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 09:00 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 09:00 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/231 |
Actions (login required)
View Item |