GAMBARAN KEPADATAN MASSA TULANG PADA WANITA PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA, JAKARTA BARAT Oleh:

NOVITASARI, Novitasari (2018) GAMBARAN KEPADATAN MASSA TULANG PADA WANITA PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA, JAKARTA BARAT Oleh:. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)

Abstract

WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015 terdapat 200 juta orang di dunia menderita osteoporosis. Osteoporosis pada wanita pascamenopause dipengaruhi oleh periode menopause, usia menarche, jumlah paritas, status BMI (Body Mass Index), merokok, aktivitas fisik dan kurangnya asupan kalsium karena terjadinya penurunan produksi hormon estrogen yang mempengaruhi peningkatan absorpsi tulang. Penelitian ini menggunakan metode sampel deskriptif non probability dan diperoleh 38 sampel. Pengukuran untuk mendapatkan kepadatan massa tulang, dengan menggunakan pengukuran X-ray absorptiometry energi ganda (DEXA) atau densitometri tulang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kepadatan massa tulang pada wanita pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia di Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 38 responden, 4 orang (10,53%) menderita osteopenia dan 34 (89,47%) orang menderita osteoporosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Andriana Kumala
Uncontrolled Keywords: masa menopause, usia menarke, jumlah paritas, catatan merokok, aktivitas fisik, konsumsi kalsium, wanita menopause, osteoporosis.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:01
Last Modified: 30 Aug 2021 02:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item