Hubungan Jargon Iklan Dengan Brand Awareness Correlation Between Advertising Slogan And Brand Awareness

Maria, Maureen (2017) Hubungan Jargon Iklan Dengan Brand Awareness Correlation Between Advertising Slogan And Brand Awareness. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada kasus peluncuran perdana Tolak Angin cair tahun 1995 silam, teknik promosi melalui iklan TV dengan penggunaan jargon sebagai strategi utama menuai hasil yang sangat luar biasa, ditandai dengan peningkatan brand awareness yang tajam. Berbeda dengan Herocyn PT. Coronet Crown, yang mana teknik promosi melalui iklan bukanlah andalan dalam pemasaran produk. Namun kendati tidak mengandalkan jargon iklan dalam promosinya, produk Herocyn tetap menempati peringkat pertama Top of Mind dalam kategori bedak kesehatan. Maka dari itu, perumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui seerat apa dan bagaimana hubungan jargon iklan dengan brand awareness. Penelitian ini menggunakan teori persepsi terhadap jargon iklan milik Eric Swartz dan brand awareness milik Rangkuti dan Aaker. Studi kasus dilakukan terhadap merek L-Men. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang responden yaitu mahasiswa laki-laki yang tergabung sebagai member aktif per Oktober 2016 Fitness Universitas Tarunanagara. Penelitian ini kemudian menemukan bahwa terdapat hubungan sangat erat antara jargon iklan dengan brand awareness. Jargon iklan yang diukur dari 6 aspek persepsi, yaitu Original, Believable, Simple, Provocative, Persuasive, dan Memorable terbukti secara variatif memiliki hubungan yang erat dengan tingkat brand awareness. Dengan demikian, penelitian ini menguatkan teori Durianto yang mengatakan bahwa jargon yang positif beriringan dengan tingkat brand awareness yang tinggi, dikarenakan ada hubungan yang erat antara keduanya. Kata kunci: Jargon Iklan, Persepsi terhadap Tagline, Kesadaran Merek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jargon Iklan, Persepsi terhadap Tagline, Kesadaran Merek
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:20
Last Modified: 02 Jul 2018 02:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item