Hubungan Antara Self-Esteem dan Adiksi Media Sosial Pada Dewasa Muda

Dwiputri, Adinda Meidiana (2021) Hubungan Antara Self-Esteem dan Adiksi Media Sosial Pada Dewasa Muda. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1. Pembuka (Adinda).pdf

Download (767kB)

Abstract

Situs media sosial memberikan sarana yang membuat seseorang lebih mudah untuk membangun pertemanan dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Seseorang yang kurang mampu bersosialisasi dan berelasi merupakan salah satu karakteristik seseorang dengan self-esteem yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara self-esteem dan adiksi media sosial pada dewasa muda. Penelitian ini melibatkan 500 responden, yang terdiri dari 120 laki-laki dan 380 perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dan Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS) versi modifikasi dari Bergen Facebook Addiction Scale (Andreassen et al., 2012). Hasil analisis data responden menggunakan teknik korelasi Pearson antara adiksi media sosial dan selfesteem, memperoleh r (500) = -0.211 dan nilai p = 0.000 < 0.05. Hasil korelasi kedua variabel ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif dan signifikan antara adiksi media sosial dan self-esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sandy Kartasasmita, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: self-esteem, adiksi media sosial, dan dewasa muda
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Apr 2021 08:42
Last Modified: 27 Apr 2021 08:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23379

Actions (login required)

View Item View Item