Suami Sebagai Korban Tindak Pidana Fisik Dalam Rumah Tangga Yang Menyebabkan Kematian Oleh Istri (Pendekatan Battered Woman Syndrome)

Manikam, Raissa Arlyn (2020) Suami Sebagai Korban Tindak Pidana Fisik Dalam Rumah Tangga Yang Menyebabkan Kematian Oleh Istri (Pendekatan Battered Woman Syndrome). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK Skripsi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga fisik yang dilakukan oleh istri kepada suami dianggap tidak lazim karena perempuan lebih sering menjadi korban dibandingkan suami namun hal tersebut sangat mungkin untuk terjadi. Dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh istri kepada suami, maka perlu diteliti lebih lanjut mengenai alasan dilakukannya tindak pidana tersebut. Istri yang menjadi korban kekerasan selama bertahun-tahun oleh suaminya dapat mengalami gangguan psikologis yang dikenal dengan Battered Woman Syndrome sehingga dapat menyebabkan istri melakukan kekerasan terhadap suami jika telah mencapai tahap klimaks. Dalam kasus istri yang melakukan tindak pidana terhadap suami akibat kekerasan yang selama ini dialami olehnya, maka hakim harus mempertimbangkan latar belakang dilakukannya kejahatan tersebut. Dalam mempertimbangkan posisi istri yang selain merupakan pelaku juga merupakan korban, maka selain penjatuhan hukuman pidana hakim juga sebaiknya mempertimbangkan kondisi psikologis istri atas kekerasan yang selama ini telah dialami. Perspektif viktimologi tentang peranan korban atas kejahatan yang terjadi kepadanya juga perlu dipertimbangkan oleh hakim. Provokasi yang dilakukan oleh suami melalui ucapan dan perlakuan terhadap istri sehingga menyebabkan istri melakukan kekerasan terhadap suami merupakan hal yang perlu diperhatikan agar dapat memahami latar belakang terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh istri terhadap suami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., M.P.A.
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Battered Woman Syndrome
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:42
Last Modified: 28 Apr 2021 02:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24542

Actions (login required)

View Item View Item