Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Murid Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia

Patricia, Cindy (2016) Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Murid Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memberikan pemahaman pada anak dapat dibentuk melalui komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal guru dengan murid dalam pembelajaran di taman kanak-kanak Budi Mulia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Key informan dalam penelitian ini adalah guru TK Budi Mulia. Kemudian terdapat informan lainnya yaitu orang tua murid untuk memperkuat hasil penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran pada anak cukup mendukung dalam proses pemahaman anak di TK Budi Mulia. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat pula penerapan teori interaksi simbolik antara guru dan anak. Dalam hasil penelitian ditemukan bahwa guru menggunakan komunikasi verbal dan non verbal dalam berkomunikasi kepada anak. Guru juga berkomunikasi menggunakan simbol dalam proses belajar mengajar. Guru menggunakan komunikasi interpersonal dengan mendekati anak, berkomunikasi dengan lemah lembut dan memberi pelukan sebagai simbol kedekatan atau perhatian. Komunikasi interpersonal tidak hanya terjadi di dalam kegiatan belajar mengajar tetapi, juga terjadi di luar jam pelajaran. Kata kunci : Komunikasi interpersonal, interaksi simbolik, komunikasi pendidikan, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 03 Jul 2018 01:26
Last Modified: 03 Jul 2018 01:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item