Fungsi dan tugas organ perseroan badan usaha milik negara dalam prinsip GOOD CORPORATE GOVERNANCE pada Pt GARUDA INDONESIA Tbk. (Dalam Sederet Kasus Yang Menjerat Maskapai Garuda Indonesia Pada Tahun 2019)

Setiawan, Marshel (2020) Fungsi dan tugas organ perseroan badan usaha milik negara dalam prinsip GOOD CORPORATE GOVERNANCE pada Pt GARUDA INDONESIA Tbk. (Dalam Sederet Kasus Yang Menjerat Maskapai Garuda Indonesia Pada Tahun 2019). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK Pdf.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Cover Format-Pdf.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Pdf.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Pdf.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan tesis.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Tesis Siap Uji.pdf

Download (191kB)

Abstract

Negara Republik Indonesia merupakan sebuah Negara besar yang menganut sistem ekonomi campuran dimana Negara melindungi dan memperhatikan hajat hidup orang banyak. Salah satu cara Negara untuk melindungi hajat hidup warga negaranya ialah dengan membentuk Badan Usaha Milik Negara untuk melakukan pengendalian dan intervensi terhadap mekanisme pasar. Namun, dalam berbagai peristiwa banyak Badan Usaha Milik Negara tidak dapat menjalankan perusahaan dengan baik dan akhirnya hanya membebankan keuangan Negara serta mengalami berbagai masalah hukum ataupun bertentangan dengan prinsip good corporate governance seperti dalam sederet kasus yang menimpa PT. Garuda Indonesia TBK pada tahun 2019. Tujuan dari tesis ini ialah mengkaji secara hukum apakah fungsi dan tugas organ perseroan PT. Garuda Indonesia TBK telah berjalan sesuai dengan prinsip good corporate governance serta menjelaskan prinsip good corporate agar dapat dilakukan penerapan pada PT. Garuda Indonesia TBK. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian hukum normatif yang menganalisa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan operasional PT. Garuda Indonesia TBK apakah sudah sesuai dengan prinsip good corporate governance. Dan simpulan akhir dari seluruh analisa ini akan menjelaskan apakah organ perusahaan telah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan prinsip good corporate governance dan bagaimana seharusnya menjalankan perusahaan sesuai dengan prinsip good corporate governance sehingga diharapkan BUMN PT. Garuda Indonesia TBK atau BUMN lainnya dapat menjalankan perusahaan atau badan usaha sesuai dengan pedoman atau prinsip good corporate governance agar dapat menghindari penyimpangan-penyimpangan yang dapat merugikan badan usaha dan Negara sebagai pemegang kepentingan terbesar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: fungsi dan tugas organ perseroan PT
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:22
Last Modified: 28 Apr 2021 04:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24768

Actions (login required)

View Item View Item