Perlindungan hukum terhadap hak konsumen dalam layanan sriwijaya travel pass berdasarkan undang- undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Anjani, Stanny Puspa (2020) Perlindungan hukum terhadap hak konsumen dalam layanan sriwijaya travel pass berdasarkan undang- undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (103kB)

Abstract

Sebagai negara kepulauan yang sedang berkembang dalam menjalin hubungan dengan luar negeri, Indonesia sangat membutuhkan jasa transportasi untuk menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lain dan negara lain. Transportasi udara sebagai salah satu transportasi yang paling nyaman, cepat dan efisien waktu sangat diminati oleh banyak orang. Namun, dengan adanya peningkatan jumlah penumpang transportasi angkutan udara tersebut seringkali mengabaikan kualitas pelayanan yang pada akhirnya menimbulkan rasa ketidakpuasan dan/atau kekecewaan terhadap penumpang. Sriwijaya Air sebagai salah satu maskapai yang menyediakan program promo Sriwijaya Travel Pass kepada konsumen yang telah mendaftar menjadi anggota dalam program tersebut ternyata mengalami kendala dalam memenuhi fasilitas yang dijanjikan. Sriwijaya Air mengeluarkan kebijakan baru yang sifatnya merugikan bagi anggota Sriwijaya Travel Pass karena mengurangi jumlah seat bagi seluruh anggota dalam setiap penerbangan. Adapun kebijakan baru tersebut membuat seluruh anggota Sriwijaya Travel Pass tidak dapat menolak karena konsumen telah menyetujui perjanjian yang telah disediakan oleh Sriwijaya Air yang salah satu ketentuannya adalah anggota Sriwijaya Travel Pass akan tunduk pada segala ketentuan baru, perubahan ataupun penambahan terhadap perjanjian yang dilakukan secara sepihak oleh Sriwijaya Air. Ketentuan tersebut apabila dilihat berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen telah memenuhi unsur dalam Pasal 18 ayat (1) dan diwajibkan untuk menyesuaikan ketentuan dalam perjanjian agar sejalan dengan Undang-Undang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Ahmad Sudiro, S.H., M.H. M.M.,M.Kn
Uncontrolled Keywords: Hukum perlindungan konsumen
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:51
Last Modified: 28 Apr 2021 04:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item