KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU YANG TERBUKTI SECARA BAKTERIOLOGIS DAN KLINIS PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI RUMAH SAKIT ROYAL TARUMA TAHUN 2017-2018

YOHAN, DAVID (2019) KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU YANG TERBUKTI SECARA BAKTERIOLOGIS DAN KLINIS PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI RUMAH SAKIT ROYAL TARUMA TAHUN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prevalensi penderita Diabetes Melitus tipe II dan Tuberkulosis paru terus meningkat di seluruh dunia. Pasien DM tipe II akan mengalami penurunan imunitas yang memudahkan terjadinya infeksi seperti TB paru. Hal ini akan mempengaruhi manifestasi klinis dan hasil tatalaksana penderitanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi kejadian Tuberkulosis paru pada penderita DM tipe II. Penelitian ini adalah studi deskriptif menggunakan metode case study dengan sampel berupa data rekam medis dari 107 pasien DM tipe II dengan TB paru di Rumah Sakit Royal Taruma tahun 2017 -2018. Didapatkan prevalensi TB paru pada penderita DM tipe II adalah sebesar 9,4%. Data menunjukkan bahwa berdasarkan pemeriksaan penunjang yang dilakukan, 8 responden memiliki hasil positif TB pada pemeriksaan sputum BTA, 9 responden menunjukkan adanya kesan TB paru dalam pemeriksaan radiologi, dan berdasarkan riwayat pengobatan OAT, didapatkan 10 responden yang menderita TB. Dalam penelitian ini juga didapatkan bahwa usia rata-rata responden adalah 60 tahun, dengan 57% dari total responden adalah laki-laki. Selain itu, dari pemeriksaan laboratorium yang digunakan untuk menegakan diagnosis DM, didapatkan kadar rata-rata HbA1c sebesar 8,3%, GDS 287,14 mg/dl, dan GDP 198,49 mg/dl. Kejadian tuberkulosis paru pada penderita DM tipe II sebanyak 10 responden yang terdiri dari pemeriksaan sputum BTA, foto toraks, riwayat penggunaan OAT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pangalila, Frans J.V.
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus tipe II, Tuberkulosis paru
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:38
Last Modified: 28 May 2024 02:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24950

Actions (login required)

View Item View Item